Monday, December 19, 2011

Jaringan Komputer

Apa sih Jaringan Komputer itu????
Jaringan Komputer adalah suatu system yang terdiri dari beberapa komputer, sehingga dapat saling berhubungan, saling berkomunikasi, bertukar data, dan bertukar informasi, yang di dukung oleh perangkat keras tambahan yang memang di khususkan untuk jaringan komputer. Adapun perangkat keras tambahan yang digunakan diantaranya HUB, Switch, Router, Bridge, Repeater. Masing-masing perangkat keras tadi memiliki perbedaan fungsi dan kegunaannya.
Nah dibawah ini akan di jelaskan fungsi dari perangkat keras jaringan tadi....!!!!

  • HUB adalah suatu perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu IP lokal yang dihubungkan oleh kabel serat optik.
  • Switch adalah suatu perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam pake IP apapun, jd tidak dibatasi oleh IP tertentu.
  • Router adalah suatu perangkat jaringan yang digunakan untuk mengirim paket data antar jaringan yang melalui proses yang dinamakan routing.
  • Bridge adalah suatu perangkat jaringan yang digunakan untuk membentuk jaringan LAN yang cakupan wilayahnya cukup luas.
  • Repeater adalah suatu perangkat jaringan yang berfungsi untuk menerima sinyal digital, seperti wireles, dan memperkuat sinyal tersebut untuk kemudian dikembalikan lagi. repeater juga dapat digunakan untuk memperluas atau memperjauh jarak transmisi data. 
Nah sekarang mari kita jelaskan beberapa macam topologi/skema jaringan yang ada. Ada berbagai macam topologi pada jaringan, yang sering digunakan adalah topologi star, topologi ring, topologi Bus dan topologi pohon.
    • Topologi star adalah suatu bentuk/skema jaringan yang menggunakan suatu perangkat jaringan sebagai pusat penghubung/pengontrol untuk semua simpul. sehingga jika kita melakukan komunikasi atau apapun selalu melalui pusat pengontrol. Adapun pusat pengontrol yang digunakan dalam topologi ini dalah Hub atau Switch.



    • Topologi Ring (cincin) adalah suatu bentuk/model jaringan yang dimana jika kita akan mengirim data atau berkomunikasi harus melewati suatu komputer ke komputer lainnya, sehingga proses yang dilakukan tidak bisa langsung ke pusat pengontrol. Adapun kelemahan pada topologi ini adalah apabila salah satu simpul mengalami gangguan maka semua hubungan terputus.

    • Topologi Bus mirip dengan topologi ring tapi dalam topologi ini semua komputer dihubungkan menggunakan kabel yang bernama bus. Topologi ini banyak kelemahannya karena semua terhubung oleh kabel bus, maka jika kabel utama bus tersebut putus maka semua komputer terputus dan tidak bisa berkomunikasi, jika kabel utama sangat panjang dn terjadi gangguan maka akan sulit dan lama untuk mencari penyebab gangguan tersebut, dan jika banyak komputer yang aktif maka akan mengurangi kecepatan pengiriman data.

    • Toologi Pohon adalah pengembangan atau bisa jg penggabungan antara topologi star dan topologi bus. dalam topologi ini terdiri dari beberapa topologi star dan dihubungkan ke hub tambahan sebagai jalur penghubung antar simpul. Topologi ini yang sering digunakan, karena dalam topologi ini instalasi kabel atau pun gangguan yg dihadapi akan lebih mudah diatasi.





    sumber : -buku Pengenalan Teknologi Informasi, Abdul Kadir & Terra CH. Triwahyuni
                   -wikipedia indonesia

    Newer Post Older Post Home

    Intense Debate Comments