Sunday, April 28, 2013

SEO (Search Engin Optimization)


    SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization merupakan satu jalan keluar bagi kita yang ingin meningkatkan ranking website kita di Search Engine. Aktifitas ini biasanya menyangkut rekayasa pada elemen dan isi web kita dan sebagian besar dilakukan secara gratis alias tidak memerlukan biaya. Seberapa pentingkah SEO? Jawabannya yaitu, SANGAT PENTING!!! SEO sendiri mempunyai 2 teknik pengoptimasian, yaitu SEO On-page dan SEO Off-page.

SEO On-Page
    SEO On-page adalah teknik optimasi search engine yang dilakukan langsung pada blog atau web yang dimaksud. adapun beberapa penerapan yang dapat kita lakukan dengan SEO On-page, seperti penggunaan nama domain, judul blog, judul postingan, penggunaan headings, mempercepat waktu akses blog, deskripsi, internal linking, penggunaan teknik penulisan bold, italic, underline, dan sebagainya. Semua tindakan tersebut secara signifikan akan meningkatkan nilai relevasi dari suatu halaman dan yang pasti meningkatkan ranking website di search engine.
On-Page SEO, yang berarti melakukan optimasi di dalam situs, yaitu dengan menambah ataupun memodifikasi baris-baris kode seperti untuk di bawah ini:
–  Metadata, seperti optimasi title, description, keyword, tags, dan lain-lain.
–  XML Sitemaps. Sebuah peta pada situs Anda dalam format XML untuk memudahkan search engine  
    dalam indexing situs.
–  PageSpeed. Kecepatan load suatu situs membuat visitor tidak bosan menunggu.
–  Build Internal Links. Membuat visitor betah di situs kita dengan merujuknya pada artikel lain yang relevan.

SEO Off-Page
    SEO Off-page adalah teknik optimasi search engine yang dilakukan di luar blog atau web yang dimaksud. Beberapa hal yang bisa diterapkan dengan SEO Off-page, contohnya meningkatkan link popularity seperti tukar link atau komentar pada blog doFollow, backlink yang relevan dari blog atau web lain yang dipercaya oleh search engine, submit sitemap ke webmaster tools, dan juga ping ke Search Engine.
Naah, jika Anda mampu dengan tepat dan benar memadukan kedua teknik di atas, sudah bisa dipastikan blog/web anda akan menempati peringkat 1, atau minimal dalam halaman 1 hasil pencarian di Search Engine.

Newer Post Older Post Home

Intense Debate Comments