TEMPLATE ERROR: Extra characters at end of string: buf=[teknologi,] remainder=[informasi, free download, makalah, tugas, pemrograman, java, pascal, c++, pemrograman terstruktur, tutorial, cara]

Wednesday, November 2, 2011

Macam-macam Teknologi Input/Output

1. DVORAK adalah suatu model keyboard yang dibuat oleh August Dvorak pada tahun 1936 prinsip kerjanya sangat efisien, karena mengumpulkan huruf vokal yang sering digunakan dalam pengetikan secara berdekatan. Sehingga mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10% - 15% dan mengurangi kelelahan tangan.
   QWERTY adalah salah satu model keyboard yang dikembangkan dari sebuah mesin ketik. Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada baris paling atas pada keyboard. Keyboard ini di produksi oleh perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874.
sumber : http://yogialghofiqhi.blogspot.com/2010/09/pengertian-keyboard-dan-jenis-jenisnya.html

2. OCR (Optical Character Recognition) adalah sebuah sistem komputer yang dapat membaca huruf, baik yang berasal dari sebuah pencetak (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan. Adanya sistem pengenal huruf ini akan meningkatkan fleksibilitas ataupun kemampuan dan kecerdasan sistem komputer dan kita lebih mudah mengerjakan nya.
 
   DMR (Digital Mark Reader) merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunaanscanner dokumen untuk pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data denganteknologi pengenalan tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK).

   Opscan merupakan scanner yang khusus digunakan untuk memindai LJK. LJK yangdigunakan merupakan LJK yang khusus dibuat untuk dapat dibaca oleh OPSCAN.
sumber :http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

3. OMR singkatan dari Optical Mark Recognition adalah sebuah perangkat lunak (software) yang memroses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai (scanner).

4. MICR adalah tinta magnetic  khusus yang dicantumkan pada clear band yangmerupakan informasi dalam bentuk angka dan simbol.

5. RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder  untuk  menyimpan  dan  mengambil  data  jarak  jauh.

6. ASR (Automatic Send and Receive) Suatu teknologi kemampuan peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan manusia.

7. CCD (Charge Coupled Device) Suatu alat pencitraan untuk mengkonversikan cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki lapisan-lapisan filter yang membagi spektrum warna menjadi warna merah, hijau, biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera.

8. CGA
    EGA (Enhanced Graphic Adapter) Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalammodel grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilangrafik 640 x 350 titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATITechnologies Inc dengan card bernama EGA WONDER, dapat menampilkan 132 x 25karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama denganmonitor jenis CGA dan Monochrome.


VGA salah satu hardware yang berfungsi untuk melakukan proses tampilan atau gambar pada komputer,semua hasil gambar,tulisan,warna,corak,tulisan,resol… dan semua yang kita liat pada layar komputer adalah hasil dari vga,jadi semakin tinggi vga yang terpasang maka akan semakin bagus,bersih,tajam,gambar yang dihasilkan.


XGA extended Graphic Array kemampuan layar monitor meningkat tajam dengan adanyateknologi XGA


SXGA adalah klasifikasi resolusi yang umum. SXGA adalah 1280 x 960, adalah ukuranyang umum untuk monitor komputer, tapi tidak umum dipakai untuk kamera digital.1280 x 960 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio bingkaivideo NTSC.


UXGA (Ultra Extended Graphic Array)
Extended Graphic Array kemampuan layar monitor meningkat tajam dengan adanya teknologi UXGA.

9. Omnidirectional adalah sistem antena yang memancarkan kekuasaan seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola patokan dalam bidang tegak lurus dan memancarkan gelombang ke segala arah

Unidirectional adalah antenna yang pola radiasi pancarannya terarah sehingga efektifitas pancaran radio hanya ke satu arah secara efektif.

Noise Canceling suatu teknologi untuk meredam atau meminimaliskan suara atau kebisingan pada saat pengoprasian.
Echo Canceling adalah teknologi yang digunakan untuk mengurangi jumlah dari menggema yang dapat terjadi selama berbagai jenis komunikasi audio.

10. THX
      DDS (Direct Digital Synthesizer) merupakan metode untuk menghasilkan sinyal analog
      Dts

11. Pasive Matrix adalah suatu teknologi monitor yang diterapkan pada LCD color.

Active Matrix adalah suatu teknologi monitor yang menggunakan teknologi Thin Film Transistor (TFT). Active Matrix memiliki transistor yang memancarkan cahaya sendiri pada masing-masing piksel, warnanya lebih cerah dan dapat dilihat dari semua arah.

12. Dotmatrix adalah teknologi pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah dan menggunakan pita disamping itu kualitas gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akanterlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan dan mempunyai satu warna yaitu hitam.

Bubblejet
Deskjet
Impact


ink-jet adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus tetapi hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Laser merupakan printer yang menggunakan teknologi laser untuk mencetak, yang daya cetak nya cukup banyak mampu mencapai 10 lembar per menit dan kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya

13. LCD (Liquid Crystal Display) adalah layar monitor yang berbentuk tipis, datar dan bahannya terbuat dari cairan (liquid). Monitor ini dapat digabung atau disusun secara berdampingan sesuai keinginan sehingga memungkinkan user untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dengan mudah.


EL (Electroluminescent) adalah teknologi pada monitor dimana mengandung bahan yang bercahaya manakala dialiri arus listrik; sebuah piksel terbentuk pada layar saat arus listrik dikirim ke perpotongan baris dan kolom yang sesuai

Plasma adalah layar monitor yang berbentuk tipis, datar dan menampilkan gambar menggunakan tegangan listerik ke lapisan gas. Monitor ini lebih jelas dibandingkan dengan monitor LCD dan tentunya lebih mahal harganya.

CRT (cathode ray-tube) adalah layar monitor yang memakai tabung gambar dengan tingkat resolusi yang lebih rendah daripada LCD

sumber : http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

Newer Post Older Post Home

Intense Debate Comments